Kamis, 01 Oktober 2015



images.jpg
SIMULASI DIGITAL
“KONSEP PEMOGRAMAN DASAR”

index.jpg

DISUSUN OLEH :
ROCHMA DIYAH




SMK NEGERI 2 MALANG
TEKNOLOGI KOMPUTER JARINGAN
SIMULASI DIGITAL
2015/2016



Kata pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat,inayah,taufiq,dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas artikel tentang “Konsep Pemograman Dasar” dengan bentuk maupun isinya yang sederhana.

Harapan saya semoga makalh ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini menjadi yang lebih baik lagi.

Akhir kata semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya,saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu saya menerima saran dan kritik yang bersifat membangujn demi perbaikan kearah sempurna.








02-oktober-2015                                                                               Malang,
                                                                                           
                                                                             Penyusun,
                                                                                                   Rochma diyah



Daftar isi

Kata pengantar……………………...…………………………………………………………1


Daftar isi…………………………………………………………………………………2
Bab 1 Pendahuluan
A.Latar belakang…………………………………………….…………………………..3
B.Tujuan…………………………………………………………………………………3

Bab 2 Isi
  A.Pengertian Algoritma dan Pemograman……………………………………………..4
  B.Tipe-tipe algoritma berdasarkan format penulisannya………………………………6

Bab 3 Penutup

Daftar pustaka………………………………………………………………..………… 8


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1  Latar belakang
Seiring dengan penjelasan-penjelasan materi yang telah diberikan kepada saya beserta tugas-tugas yang telah di berikan pada saya maka sebagai tolak ukur apa yang telah saya dapatkan.Dan tidak banyak yang bisa saya tuliskan ataupun saya jelaskan pada makalah ini.

1.2  Tujuan
Tujuan di buatnya makalah ini adalah membuat ringkasan tentang materi pemograman dan algoritma.Dan juga bagian dari tugas dari mata pelajaran simulasi digital.


Bab 2
A.PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN  
      Pengertian Dasar program adalah rangkaian intruksi-intruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis.
       Pengertian Pemograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu,dimana intruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemograman.Komputer membutuhkan keberadan program agar bias menjalankan fungsinya sebagai komputer.Oleh sebab itu berdasarkan pengertian algoritma dan pemograman,maka dapat disimpulkan bahwa program merupakan hasil dari penerapan-penerapan algoritma.
       Pengertian Algoritma adalah system kerja komputer memiliki brainware,hardware,software.Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut komputer tidak akan berguna.Kita akn lebih focus pada software komkputer.Software terbangun atas susunan program dan syntax(cara penulisan/pembuatan program.Untuk menyusun program/syntax,diperlukannya langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk dapat menyalesaikan masalah/tujuan dalam proses pembuatan suatu software.Maka algoritma berperan penting dalam penyusunan program syntax tersebut.
      Algoritma berbeda dengan Logaritma.Logaritma merupakan operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.Contoh logaritma seperti bc=a ditulis sebagai blog a =c (b disebut basis).
Dalam dunia sehari-hari,mungkin tanpa kita sadari algoritma telah masuk dalam kehidupan kita semua.




Ø  Beberapa contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari,misalnya;
·        Memasak mie instant.
Prosesnya adalah sebagi berikut:
1.Memanaskan air.
2.      Membuka pembungkus mie instant.
3.      Memasukkan mi eke dalam air mendidih.
4.      Taruh bumbu di piring.
5.      Angkat mie kika sudah masak.
6.      Campurkan mie dengan bumbu yang sudah ada di piring.
7.      Mie siap di sajikan.
·        Menelepon
Prosesnya adalah sebagai berikut:
1.Angkat telepon.
2.Tekan nomor telepon yang akan dituju.
-jika diamgkat maka mulai berbicara setelah selesai tutup teleponnya
-jika tidak di angkat,maka tutup teleponnya.
Selain contoh diatas masih banyak lagi contoh-contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 Setiap manusia punya pola ompu yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya,oleh karena itu dalam memecahkan suatu masalah ataupun juga algoritma dengan hasil yang berbeda. Algoritma dikatakan benar atau baik apabila dapat menyelesaikan suatu masalah.


B.TIPE-TIPE ALGORITMA BERDASARKAN FORMAT PENULISAN
Penulisan  algoritma  tidak  ter-ikat  pada  suatu  aturan  tertentu, tetapi harus jelas maksudnya dari suatu penulisan algoritma untuk tiap langkah algoritmanya. Notasi algoritma bukan merupakan notasi bahasa pemograman, namun notasi ini dapat diterjemahkan kedalam berbagai bahasa pemograman. Algoritma dapat dinotasikan dalam beberapa cara, yaitu:

2.      Untaian Kalimat Deskriptif (Natural)
Algoritma  bertipe  deskriptif  maksudnya  ialah algoritma yang ditulis dalam bahasa manusia seperti bahasa Indonesia atau bahasa Ingris  dan dalam bentuk  kalimat. Notasi ini cocok digunakan untuk algoritma yang pendek, namun untuk notasinya  yang panjang, notasi ini kurang efektif digunakan dan juga pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman menjadi cenderung relatif sukar.

2. Flow Chart (Diagram Alir)
Diagram alir atau flow chart adalah  bagan menggambarkan urutan langkah-langkah kegiatan atau program mulai dari awal sampai akhir dengan menggunakan omput atau gambar tertentu dan dan garis alir. Simbol-simbol yang mewakili fungsi-fungsi langkah program dan garis alir (flow lines) yang  menunjukkan urutan dari simbol-simbol yang akan dikerjakan. Flowchart lebih baik digunakan dibandingkan dengan menggunakan pseudocode. Jumlah simbol yang digunakan dalam flowchart sedikit, karena itu lebih sederhana dan lebih mudah dipelajari.

Dalam pembuatan flowchart program tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak, karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisis suatu masalah dengan omputer sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan yang lainnya.

Bab 3
PENUTUP
               Demikian yang dapat saya lampirkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

       Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.


DAFTAR PUSTAKA

4 komentar: